Macam-macam Strategi Digital Marketer yang Efektif bagi para pemula

target market

Di era digitalisasi saat ini sangat di banyak sekali pelaku usaha yang mulai mengimplementasikan strategi digital marketing untuk bisnisnya. Baik untuk pengusaha kecil seperti UMKM hingga skala besar seperti perusahaan korporat.

Nah, sebelum belajar lebih lanjut, yuk kita pahami ap aitu digital marketing. Digital marketing adalah usaha pemasaran produk dengan memaanfaatkan digital serta jaringan internet. Jika di zaman dahulu medium yang digunakan untuk melakukan pemasaran bergantung pada selembar flyer ataupun baliho. Kini kita bisa dengan mudah memanfaatkan platform yang terdapat di gawai pintar untuk melakukan pemasaran digital.

Digital marketing sangat membantu untuk di terapkan ke semua jenis bisnis. Bukan hanya itu saja, belajar digital marketing juga mampu meningkatkan jumlah pendapatan dan efektif, dapat menjangkau target pasar atau konsumen yang lebih spesifik, semua gadget bisa dipakai untuk menjalankan digital marketer, dan juga mampu membangun brand bisnis yang dimiliki.

Macam-macam Strategi Digital Marketer yang Efektif

Sebelum memulai mengimplementasikan dalam pemasaran digital, terlebih dahulu kita harus bisa memastikan strategi digital marketing yang akan dipilih, oleh karena itu beberapa macam-macam startegi digital marketing yang dapat dicoba.

1.Google My Business (GMB)

Google bisnisku atau google my business merupakan salah satu layanan yang berguna untuk menampilkan profil bisnis secara instan di halaman hasil pencarian Google. Ada pun data yang di tampilkan antara lain adalah alamat, ja operasional, hingga rating bisnis.

Dengan menggunakan google my business, konsumen dapat lebih mudah menemukan lokasi bisnismu, dan juga konsumen dapat lebih mudah memperlihatkan riview terbaik sebagai media promosi.

 2.Whatsapp for business

Whatsapp merupakan salah satu platform yang memiliki basis pengguna yang besar khususnya di Indonesia. Kamu sebagai pengguna bisnis dapat memanfaatkan hal ini untuk menjaankan digital marketing yang efektif. Namun tidak disarankan untuk untuk menggunakan jenis whatsapp biasa.

Mengapa harus menggunakan whatsapp for business, dikarenakan aplikasi khusus tersebut lebih memiliki fitur yang lengkap dan menjangkau apa yang di butuhkan dalam promosi business melalui digital marketer.

3.Website

Dalam berbisnis website juga penting untuk menampilkan identitas sebuah bisnis secara online. Selain itu, website juga menjadi tanda professionalitas suatu bisnis. Membangun website tak harus dari nol, namun kalian dapat menggunakan Content Management System (CMS) yang praktis seperti wix ataupun Squarespace. Ketika membangun sebuah website, alangkah baiknya website mu di daftarkan menggunakan domain dan hosting sehingga nantinya nama bisnismu terdaftar sebagai domain.com atau .co.id, agar lebih menunjukkan sisi professional dalam menampilkan website bisnismu.

4.Search Engine Optimization (SEO)

Strategi digital yang satu ini masih berkaitan dengan website. Search Engine Optimization (SEO) diterapkan dengan tujuan untuk membuat website agar lebih mudah muncul di halaman pertama pada saat pencarian di google dengan kata kunci tertentu.

Baca juga : Panduan Memaksimalkan Strategi Twitter Marketing (Terbaru 2022)

Dalam SEO juga dapat menggunakan beberapa strategi seperti, keyword, link building, membuat konten yang menarik, dan lain sebagainya.

5.Email Marketing

Bisnis yang akan di percaya oleh pelanggan adalah bentuk bisnis yang professional. Salah satunya yaiitu dengan cara membuat email bisnis. Membuat email bisnis dapat menjadikan bisnis kamu menjadi lebih professional, dengan contoh contactcenter@namabisniskamu.com, dari pada menggunakan email biasa seperti namabisnis@gmail.com

Melalui email marketing kamu dapat lebih mudah mengintegrasikan database dari email calon pembeli ataupun pelanggan dengan di dalam website yang dimiliki.

6.Copywriting

Copywriting sangat berpengaruh sekali untuk membantu mendokngkrak digital marketing bisnis kamu. Copywriting sendiri merupakan Teknik pembuatan tulisan yang peruasif dan menarik suapay orang lain dapat lebih tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

 Sosial Media Marketing

Strategi terakhir yang paling banyak di terapkan para pembisnis adalah social media marketing. Apalagi saat ini pengguna aktif media social di Indonesia sangat banyak sekali, diperkirakan mencapai 160 juta jiwa. Dari hal tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwasannya media social sangat berpengaruh besar bagi strategi pemasaran yang akan di lakukan.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Expired Domain

Namun hal itu juga tidak bisa dilakukan semabrangan. Kamu harus terlebih dahulu melakukan riset audiens, membuat konten yang menarik, dan melakukan evaluasi memalui monitoring insight dari data media sosial yang sudah digunakan, agar nantinya proses digital marketing dalam pemasarannya dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Macam-macam Strategi Digital Marketer yang Efektif bagi para pemula

2 tanggapan pada “Macam-macam Strategi Digital Marketer yang Efektif bagi para pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas