5 Alasan Kenapa Riset Pasar Itu Penting!

Riset Pasar

Melakukan riset pasar atau market research sangat penting untuk dilakukan guna mengikuti tren pasar dan mempertahankan keunggulan produk. Apakah Anda sedang memulai bisnis baru, memperluas, atau mengembangkan produk baru? Apapun itu, melakukan riset pasar dalam berbisnis merupakan hal yang penting. Riset pasar dapat membantu Anda dalam memahami target pasar, meningkatkan penjualan, dan menjadi acuan untuk pertumbuhan bisnis.  

Pada artikel kali ini, Klik Bisnis Digital akan membagikan 5 alasan kenapa Anda harus melakukan riset pasar.

Pentingnya Riset Pasar untuk Bisnis

Adapun pentingnya riset pasar atau market research bagi bisnis akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Mengidentifikasi Pelanggan Baru

Untuk mengidentifikasi calon pelanggan baru, Anda harus memahami siapa pelanggan Anda terlebih dahulu. Bahkan, Anda juga harus tahu demografi pelanggan Anda. 

Saat menciptakan suatu produk maupun layanan, penting untuk Anda mempertimbangkan pertanyaan seperti:

  • Siapa yang akan menggunakan produk atau layanan Anda?
  • Rentang usia berapa pelanggan Anda?
  • Berapa tingkat pendapatan, status perkawinan, dan lokasi geografis mereka?

Gunakan riset market untuk memahami faktor-faktor di atas. Dengan begitu, proses dalam menargetkan calon pelanggan akan berjalan lebih efektif.

2. Mengenali Pelanggan yang Sudah Ada

Mirip seperti pembahasan yang sebelumnya, Anda juga harus meluangkan waktu untuk memahami pelanggan yang sudah ada. Adapun pertanyaan yang harus Anda pertanyakan adalah sebagai berikut:

  • Mengapa pelanggan Anda memilih produk Anda daripada produk dari kompetitor?
  • Bagaimana pelanggan Anda menggunakan produk Anda?
  • Bagaimana produk Anda akan bersaing di pasaran?
  • Siapa atau apa yang mempengaruhi keputusan pembelian mereka?
  • Apa yang pelanggan Anda sukai?

Memahami bagaimana pelanggan Anda menggunakan produk Anda serta tantangan apa yang harus dipecahkan oleh produk Anda akan membantu bisnis dalam meningkatkan produk serta mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan penjualan produk kepada pelanggan yang sudah ada.

3. Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis

Setelah Anda mendapatkan informasi terkait calon pelanggan dan pelanggan yang sudah ada, Anda dapat menggunakan data tersebut untuk menetapkan tujuan yang dapat dicapai untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis.   

Menjadi customer centric (memahami siapa pelanggan dan apa yang dibutuhkan atau yang diharapkan oleh pelanggan) dalam melakukan pendekatan sangat penting untuk dilakukan. Adapun pendekatan yang paling umum dalam riset pasar adalah dengan menggunakan model STP: Segmentation – Targeting – Positioning.

  • Segmentation: Kepada siapa produk Anda akan menarik dalam hal demografi, lokasi, atau faktor lainnya?
  • Targeting: Bagaimana Anda dapat menargetkan dan menjangkau sektor-sektor yang menarik bagi produk Anda?
  • Positioning: Bagaimana Anda bisa memposisikan diri Anda di depan pesaing Anda sebagai pilihan target pasar Anda?

4. Mengembangkan Strategi Baru yang Efektif

Alasan kenapa riset pasar itu penting bagi bisnis adalah karena dapat membantu Anda dalam mengembangkan strategi baru yang lebih efektif. Data yang Anda kumpulkan melalui riset pasar dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan yang lebih tepat. Misalnya, berkaitan dengan harga, media pemasaran, atau untuk mengidentifikasi peluang untuk memperkenalkan produk atau layanan baru. Hasil ini juga akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih tepat tentang operasi dan aktivitas yang ada.

  • Haruskan Anda memperluas atau mengurangi bisnis? 
  • Apakah ada ruang dalam operasi Anda saat ini untuk melakukan diversifikasi?
  • Apakah Anda menargetkan audiens yang tepat dengan aktivitas pemasaran Anda?

5. Mengatasi Tantangan Bisnis

Jika Anda telah mengidentifikasi masalah dalam bisnis Anda, melakukan riset pasar akan membantu Anda menentukan sumber masalahnya. Misalnya, Anda dapat menentukan apakah pesaing baru telah memasuki pasar atau apakah kesadaran merek telah menurun, yang menyebabkan menurunnya penjualan. 

Ada beberapa jenis riset pasar yang dapat membantu Anda mengidentifikasi berbagai kekurangan, seperti: riset merek, riset konsumen, pengembangan produk dan pengujian kegunaan, riset konsumen, dan banyak bidang lainnya.

 

Secara keseluruhan, riset pasar tidak hanya berguna untuk bisnis pemula. Bisnis dari segala bentuk, ukuran, cakupan, industri, dan tingkat pengalaman dapat memperoleh manfaat dari riset pasar. Market research dapat membantu Anda mempelajari pelanggan baru dan pelanggan yang sudah ada, mengidentifikasi masalah dan memecahkan masalah, dan bahkan membantu mengeksplorasi peluang baru yang membuka jalan bagi pertumbuhan bisnis.

5 Alasan Kenapa Riset Pasar Itu Penting!

2 tanggapan pada “5 Alasan Kenapa Riset Pasar Itu Penting!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas