Keahlian Utama yang Harus Dimiliki Manajer

keahlian utama yang harus dimiliki manajer

Manajer adalah seorang pemimpin yang memiliki tanggung jawab untuk mengatur, merencanakan, mengendalikan, dan membuat keputusan untuk mencapai tujuan bisnis. Seorang manajer biasanya ditugaskan untuk mengetuai suatu proyek, kantor cabang, atau departemen di dalam perusahaan. 

Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, manajer membutuhkan keterampilan kepemimpinan yang kuat, kapasitas untuk berinteraksi dengan banyak kepribadian yang berbeda, dan mampu untuk mempertimbangkan penilaian secara adil dan tidak memihak.

Pada artikel ini, Klik Bisnis Digital akan menunjukan kepada Anda apa saja keahlian utama yang harus dimiliki seorang manajer yang baik, simak penjelasannya berikut! 

Keahlian Utama yang Harus Dimiliki Manajer

Sebagai salah satu tokoh utama dalam sebuah bisnis, manajer memikul tanggung jawab yang berat untuk menyelesaikan setiap masalah menggunakan solusi yang paling tepat. Karena alasan itulah, untuk bisa menjadi manajer yang sukses, tidak ada salahnya jika Anda mempertimbangkan untuk mengembangkan beberapa keterampilan berikut: 

1. Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah keterampilan utama yang harus dimiliki oleh seorang manajer. Ini karena, salah satu tanggung jawab manajer adalah memimpin. Manajer memimpin dengan memberi contoh, dan mendorong karyawan untuk melakukan apa yang sudah dicontohkan sesuai dengan etos kerja. Adapun kualitas yang harus Anda kembangkan apabila ingin menjadi seorang pemimpin yang hebat, yaitu:

Motivasi: Manajer dengan keterampilan kepemimpinan paham bagaimana cara memotivasi karyawan di bawah kepemimpinannya. Untuk menyukseskannya, seorang manajer seringkali menggunakan insentif untuk membuat karyawan tetap termotivasi, misalnya melalui program karyawan terbaik atau penghargaan tertentu lainnya. 

Keyakinan: Keyakinan menjadi bekal bagi seorang manajer dalam menghadapi situasi sulit sehingga bisa memimpin karyawan secara efektif. Ini merupakan keterampilan yang dapat membantu manajer dalam memberi contoh dan membuat keputusan yang valid. 

Positif: Pemimpin yang hebat juga mempertahankan sikap positif dan mendorong karyawannya untuk melakukan hal yang sama. Di samping positif, seorang manajer juga selalu optimis ketika berinteraksi dengan orang lain. 

Ketangguhan: Seorang manajer harus tanggung. Ini berarti, di situasi sulit sekalipun, seorang pemimpin harus tetap mampu memimpin karyawannya secara efektif. 

Delegasi: Delegasi merupakan keterampilan lain yang juga harus dimiliki oleh para manajer hebat. Dengan ketrampilan ini, manajer mampu menetapkan tugas kepada karyawan secara tepat dan mengelola tugas secara tepat waktu. 

2. Komunikasi

Tidak hanya harus memiliki keterampilan kepemimpinan, seorang manajer juga membutuhkan keterampilan komunikasi untuk menunjang keberhasilan suatu pekerjaan, ini karena seorang manajer sering berkomunikasi dengan karyawan dan anggota lain dari perusahaan. Biasanya, manajer juga membutuhkan keterampilan komunikasi tertulis karena ada tanggung jawab untuk menulis email dan laporan. 

Di samping itu, mendengar secara aktif juga masuk ke dalam kategori keterampilan komunikasi, dan penting bagi manajer untuk memiliki kemampuan ini. Mendengarkan secara aktif dalam hal ini misalnya yaitu bahasa tubuh, kontak mata, senyuman, gerakan tangan, dan lain sebagainya. 

3. Mengambil Keputusan

Tidak jarang seorang manajer harus membuat keputusan yang tidak mudah. Karena alasan itulah, keterampilan pengambilan keputusan menjadi salah satu aspek penting yang harus ada pada diri seorang manajer. 

Manajer biasanya akan mengembangkan proses pengambilan keputusan untuk menangani masalah di tempat kerja. Dalam menjalankan peran ini, seorang manajer harus memiliki kemampuan untuk membuat keputusan yang adil dan objektif untuk membantu karyawan dalam mengembangkan potensi diri. Manajer yang hebat juga bersedia menerima dan mendengar masukan dari orang lain di dalam perusahaan saat membuat keputusan. 

4. Membangun Hubungan

Manajer yang hebat adalah seseorang yang mampu membangun hubungan baik dengan karyawannya. Hubungan yang baik ini bisa diwujudkan melalui komunikasi yang sering. Ketika manajer membentuk hubungan yang kuat, ini bisa meningkatkan rasa saling percaya sehingga efektivitas kerja karyawan pun akan meningkat. 

5. Melayani Pelanggan dengan Baik 

Keahlian utama yang harus manajer miliki yang terakhir yaitu mampu melayani pelanggan dengan baik. Seringkali, manajer juga harus melakukan komunikasi dengan pelanggan perusahaan dan bertindak sebagai perantara antara konsumen dengan perusahaan. Hal inilah yang kemudian menjadikan keterampilan melayani pelanggan sangat membantu, termasuk keterampilan lainnya seperti kesabaran, empati, dan persuasi. 

 

Demikian penjelasan terkait keahlian utama manajer yang dapat Klik Bisnis Digital sampaikan, semoga bermanfaat!

Keahlian Utama yang Harus Dimiliki Manajer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas