Memahami Pekerjaan Copywriter dan Keterampilan yang Dibutuhkan Seorang Copywriter

pekerjaan copywriter

Anda pasti pernah mendengar tentang copywriter, bukan? Profesi ini sudah tidak asing lagi. Bahkan permintaan perusahaan akan keahlian ini semakin meningkat, lho! Baik sebuah bisnis bergerak di bidang industri kreatif atau tidak, perusahaan menyadari bahwa keberadaan copywriter cukup penting untuk keberlangsungan pemasaran perusahaan. Jadi, peluang Anda besar jika profesi ini yang Anda inginkan. Penasaran? Pada kesempatan kali ini, Klik Bisnis Digital akan mendeskripsikan pekerjaan copywriter.

Deskripsi Pekerjaan Copywriter

Copywriting adalah kegiatan atau karya menulis teks iklan atau materi publisitas. Namun, tidak semua pekerjaan copywriter berkaitan dengan periklanan. Ada juga copywriter yang menulis konten berita hanya untuk tujuan memberikan informasi.

Lalu, apakah penulis buku seperti novel atau komik bisa disebut copywriter? Tentu saja tidak, mereka disebut novelis dan komikus. Umumnya, peran seorang copywriter adalah untuk mempromosikan produk atau layanan. Mereka juga bertanggung jawab atas citra perusahaan.

Keterampilan yang Dibutuhkan Seorang Copywriter

Menyajikan Konten Iklan Yang Kreatif

Pekerjaan yang berhubungan dengan periklanan tentunya membutuhkan kreativitas yang tinggi. Dapat dikatakan bahwa posisi ini membutuhkan orang-orang yang kreatif dan berbakat. Karena pekerjaan yang membutuhkan kreativitas seperti copywriter terutama yang berkaitan erat dengan periklanan akan mempengaruhi pemasaran perusahaan.

Pemasaran yang dimaksud bukanlah menjual produk atau sales, melainkan lebih mengarah pada bagaimana Anda bisa menghasilkan iklan yang bisa memasarkan produk. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pekerjaan ini terkait dengan citra perusahaan dan merek tertentu. Jadi, Anda wajib menyediakan konten yang ‘out of the box’ dan unik.

Copywriter Harus Cermat Dalam Melakukan Pengamatan

Sebelum Anda membuat konten iklan untuk suatu produk atau layanan, Anda perlu melakukan pengamatan. Tahap observasi ini dilakukan untuk mengetahui konten seperti apa yang sesuai dengan tujuan brand dan isu apa yang sedang tren.

Dengan melakukan observasi terlebih dahulu, konten yang akan Anda buat bisa sesuai dan kemungkinan besar bisa tepat sasaran, serta memenuhi harapan. Konten yang dibuat oleh copywriter menuntut kreativitas dan harus mampu menjual. Oleh karena itu, kekuatan utama dan dasar fundamental dalam karya ini adalah membuat salinan (kata-kata).

Anda Dituntut untuk Bisa Jadi Siapapun

Pekerjaan yang dilakukan copywriter, berkaitan dengan target audiens dan klien, yang keduanya memiliki latar belakang yang beragam. Untuk itu, sebagai copywriter Anda dituntut untuk lebih flexible agar dapat beradaptasi dengan profil atau identitas yang diwakili.

Hal ini tentu saja membutuhkan penempatan diri Anda saat membuat konten. Misalnya, Anda akan membuat konten untuk produk/jasa yang target pasarnya adalah anak-anak muda berusia 5-10 tahun. Saat menulis iklan, Anda harus bisa memposisikan diri Anda sebagai seorang anak.

Begitu juga jika Anda diharuskan menulis iklan dengan target pasar orang dewasa. Itulah mengapa kemampuan mengamati juga menjadi poin penting yang harus dimiliki copywriter. Melalui pengamatan yang cermat, Anda dapat mempelajari profil yang akan Anda wakili.

Demikian ulasan tentang memahami pekerjaan copywriter dan keterampilan yang dibutuhkan seorang copywriter, semoga bermanfaat.

Memahami Pekerjaan Copywriter dan Keterampilan yang Dibutuhkan Seorang Copywriter

Satu tanggapan pada “Memahami Pekerjaan Copywriter dan Keterampilan yang Dibutuhkan Seorang Copywriter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas