Panduan dan Cara Menyusun Bisnis Plan yang Baik  

cara menyusun bisnis plan

Pasti ada tantangan tersendiri dalam memulai bisnis. Tantangan tidak hanya ada saat mencari ide produk yang akan dijual, tapi juga saat menyusun strategi pemasaran, manajemen biaya, menentukan target pasar, hingga mencari investor. Karena itulah, agar setiap perencanaan yang dibuat bisa lebih terarah dan terstruktur, maka Anda membutuhkan dokumen perencanaan bisnis atau yang juga disebut dengan bisnis plan.

Kali ini Klik Bisnis Digital akan membahas panduan dan cara menyusun bisnis plan dengan baik yang lengkap dengan manfaatnya. Yuk, simak!

Manfaat Membuat Bisnis Plan

Manfaat utama dari membuat bisnis plan adalah agar bisnis yang Anda jalankan lebih terarah dan apabila terjadi masalah, maka masalah tersebut akan lebih mudah untuk ditangani. Namun, di samping manfaat tersebut, masih ada manfaat lainnya yang akan Anda dapatkan dari bisnis plan, berikut diantaranya:

  • Membantu permodalan
  • Mengetahui tujuan bisnis
  • Menjadi pertimbangan dalam mengambil keputusan
  • Membuat ide bisnis yang lebih matang
  • Memberi gambaran yang jelas kepada konsumen dan investor.

Panduan dan Cara Menyusun Bisnis Plan 

Seorang pebisnis harus mampu memahami dan merancang bisnis plan untuk mengambangkan bisnisnya. Berikut ini adalah beberapa cara atau langkah yang dapat Anda lakukan untuk menyusun bisnis plan yang baik.

1. Kenali Bisnis

Hal pertama yang harus dilakukan dalam menyusun bisnis plan adalah memahami dan mengenali secara dalam terkait bentuk, potensi, dan segala sesuatu yang ada dalam bisnis. Pada tahap ini, Anda bisa menggunakan teknik analisis SWOT.

Ini merupakan tahap awal yang sangat penting dalam mengembangkan bisnis yang cocok untuk Anda serta dapat memberikan keuntungan yang maksimal. Dengan mengenali bisnis yang Anda miliki, maka Anda akan tahu langkah apa yang harus Anda ambil dan memahami risiko yang akan ditanggung kedepannya. 

2. Tentukan Arah

Kedua, menentukan arah. Pelaku bisnis harus memiliki tujuan dan pandangan yang terarah terhadap bisnis yang sedang dijalankan. Dengan adanya arah yang jelas, maka kedepannya Anda tidak akan merasa kesulitan dalam merancang alur bisnis.  

Anda harus membuat tujuan dan sasaran yang jelas agar dapat mencapainya dengan mudah. 

3. Tetapkan Target Bisnis

Dalam menjalankan bisnis pasti ada target yang ingin dicapai. Karena itulah, pada saat akan menjalankannya, setidaknya buatlah rincian target yang ingin Anda dapatkan. Ini penting sebab bisa membantu menyesuaikan faktor-faktor saat membuat bisnis plan. 

Dengan adanya sebuah target, Anda akan lebih termotivasi untuk mencapai target yang telah ditetapkan sejak awal. 

4. Tulis Rencana Bisnis 

Jika ketiga langkah di atas sudah Anda cermati dengan baik, maka selanjutnya Anda bisa langsung membuat bisnis plan. Adapun beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat akan membuat bisnis plan, yaitu: misi bisnis, ringkasan efektif, penawaran produk maupun layanan, target market, rencana pemasaran, analisis industri dan tingkat persaingan, laporan keuangan, resume prinsipal perusahaan, penawaran, dan lampiran.

 

Membuat bisnis plan sebelum menjalankan sebuah bisnis sebenarnya bukan merupakan hal yang wajib. Kendati demikian, ada baiknya Anda tetap meluangkan waktu untuk merancangnya. Dengan begitu, ketika Anda menjalankan sebuah bisnis, bisnis tersebut akan lebih terarah dan masalah yang timbul di kemudian hari juga akan lebih mudah untuk Anda tangani.

Demikian pembahasan terkait panduan dan cara membuat bisnis plan dengan baik, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Panduan dan Cara Menyusun Bisnis Plan yang Baik  

2 tanggapan pada “Panduan dan Cara Menyusun Bisnis Plan yang Baik  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas