5 Rekomendasi Ide Bisnis Anak Muda

ide bisnis anak muda

Siapa bilang anak muda tidak bisa memiliki bisnisnya sendiri? Saat ini, ada banyak anak muda yang mulai berlomba-lomba dalam membuat sebuah inovasi, meluncurkan produk yang belum ada sebelumnya untuk membantu mempermudah suatu pekerjaan tertentu. Bagaimana, tertarik memulai bisnis di usia muda? Jika iya, pada artikel ini, Klik Bisnis Digital akan membahas mengenai beberapa ide bisnis anak muda yang menguntungkan dan bisa dicoba oleh para pemula bisnis. Jadi, daripada penasaran langsung saja simak penjelasan di bawah ini sampai selesai, ya!

Ide Bisnis Anak Muda

Dalam memulai bisnis, tidak dibutuhkan bayangan yang bermuluk-muluk. Mulai saja dari yang skalanya paling kecil. Ada banyak ide bisnis anak muda yang bisa dijalankan sendiri dan digunakan sebagai panduan awal atau percobaan sebelum membuat bisnis yang skalanya lebih besar. Berikut merupakan beberapa ide bisnis anak muda yang menguntungkan dan wajib Anda coba.

1. Affiliate Marketing

Ide bisnis anak muda yang pertama yaitu menjadi seorang affiliate marketing. Affiliate marketing adalah model bisnis di mana orang yang menjadi affiliate marketer harus mengajak orang sebanyak-banyaknya untuk membeli produk maupun layanan yang sedang mereka tawarkan. 

Sebagai seorang affiliate marketer, Anda memiliki tugas untuk mempromosikan produk atau layanan milik bisnis lain. Melalui promosi ini, Anda akan mendapatkan komisi dalam jumlah tertentu apabila berhasil mengajak orang untuk membeli produk dari bisnis tersebut sebanyak-banyaknya. Fiverr, eBay, dan Amazon hanyalah tiga contoh dari banyak perusahaan yang menerapkan program afiliasi. 

Model pemasaran yang satu ini bisa menjadi peluang untuk mendapatkan pendapatan pasif yang sangat menguntungkan. Anda tidak perlu khawatir membeli produk dalam jumlah banyak dan mengirimkannya kepada konsumen Anda. Cukup pasang tautan unik di blog maupun platform media sosial, ketika ada orang yang membeli, Anda secara otomatis akan langsung mendapatkan komisi dalam jumlah tertentu dari penjualan tersebut. 

2. Mengelola Media Sosial

Ide bisnis anak muda yang selanjutnya yaitu mengelola media sosial. Anak muda jaman sekarang pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah media sosial, bukan? Ini bisa menjadi peluang karena perusahaan besar umumnya memiliki karyawan yang memang ditugaskan untuk mengelola kebutuhan media sosial, sedangkan bisnis kecil tidak memiliki hal semacam itu dalam bisnisnya. Adanya peluang ini bisa Anda optimalkan untuk mendirikan bisnis yang fokus untuk menangani hal-hal yang berhubungan dengan media sosial pada bisnis kecil. 

Dalam mengelola media sosial, Anda tidak hanya sekedar ditugaskan untuk membuat dan menerbitkan konten. Lebih dari itu, Anda juga harus membuat strategi pemasaran yang dapat membantu konsumen Anda dalam memenuhi tujuan bisnisnya, serta mengikuti matrik untuk melihat apakah yang Anda lakukan mendapatkan hasil. Dengan begitu, sebelum memulai bisnis di bidang ini, tidak ada salahnya jika Anda mengikuti program pelatihan, magang, dan lain sebagainya yang dapat memperdalam skill Anda.

3. Konsultan SEO

Apakah Anda memahami hal-hal yang berhubungan dengan search engine dan paham bagaimana cara menganalisis platform seperti Google Analytics? Jika iya, manfaatkan kemampuan Anda ini untuk membantu bisnis kecil atau UKM. Bisnis yang masih baru dirintis seringkali belum dikenal banyak orang, dan untuk bisa dikenal harus dilakukan optimasi tertentu, salah satunya yaitu optimasi mesin pencari atau SEO. Pengusaha baru seringkali tidak paham pentingnya SEO, padahal ini merupakan aspek penting yang dapat membantu pemilik bisnis dalam megembangkan dan memperkuat strategi bisnsinya. 

Anda bisa menjadi seorang konsultan SEO dan mengajari para pemilik bisnis kecil atau UKM tentang bagaimana cara mengoptimasi menggunakan kata kunci yang tepat untuk menargetkan konsumen yang lebih spesifik, membuat konten, dan membangun target kunjungan. 

4. Menjadi Seorang YouTuber 

Ide bisnis anak muda selanjutnya yaitu menjadi seorang YouTuber. Hingga saat ini, sudah ada banyak anak muda yang suskes menjadi seorang YouTuber. Apakah Anda tertarik mengikuti jejak mereke? Mendapatkan uang dari AdSense yang ditampilkan di konten video yang Anda publikasikan.

Walaupun membangun channel YouTube pada awalnya tidak mudah karena harus mendapatkan view dan subscribe dalam jumlah tertentu. Seiring berjalannya waktu, jika Anda berhasil menemukan penonton setia, YouTube bisa menjadi platform yang sangat menjanjikan untuk menghasilkan uang.

5. Menjual Custom Cake

Selain di bidang yang berhubungan dengan dunia digital, Anda juga bisa memulai bisnis di bidang lainnya, salah satunya yaitu menjual custom cake. Apakah Anda memiliki keahlian membuat kue ulang tahun dan sejeninya? Jika iya, ide yang satu ini mungkin cocok untuk Anda coba. Meski terdengar biasa saja, bisnis kue masih menjadi salah satu bisnis yang akan tetap menjanjikan hingga beberapa tahun ke depan.

Tidak perlu berkecil hati, jika Anda tertarik untuk menjual custom cake tapi tidak memiliki keahlian dalam membuatnya. Luangkan waktu Anda dan ambil beberapa kursus baik online maupun offline untuk memperdalam keahlian Anda dalam membuat custom cake.

Kesimpulan

Ada berbagai macam ide usaha yang dapat Anda optimalkan guna mendapatkan keuntungan. Tergantung keahlian apa yang Anda miliki dan bagaimana Anda memanfaatkan keahlian tersebut. Tidak ada bisnis yang baru dirintis langsung bisa menjadi besar, dalam praktiknya pasti akan ada saja kendala yang harus dihadapi. Sehingga, Anda harus tetap optimis dan yakin dalam menjalankan sebuah bisnis yang baru saja Anda tekuni.

 

Demikianlah beberapa ide bisnis anak muda yang bisa Anda coba, semoga bermanfaat! Temukan ide bisnis lainnya hanya di Klik Bisnis Digital.

5 Rekomendasi Ide Bisnis Anak Muda

Satu tanggapan pada “5 Rekomendasi Ide Bisnis Anak Muda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas