Inilah Etika dalam Bekerja yang Wajib Anda Ketahui

etika dalam bekerja

Jika Anda seorang fresh graduate yang baru saja memasuki dunia kerja, ada banyak hal yang harus Anda ketahui selain ketekunan dan kerja keras dalam mengerjakan beban kerja, yaitu nilai-nilai yang terkandung dalam etos kerja atau etika dalam bekerja. Memiliki etika kerja yang baik merupakan salah satu cara untuk membentuk karakter seorang pekerja.

Selain itu, etika kerja merupakan seperangkat nilai yang mendukung prestasi kerja. Tahukah Anda, apapun tujuan atau motivasi Anda dalam bekerja, dibutuhkan etos kerja yang matang untuk mewujudkannya? Etika kerja merupakan aturan normatif yang mengandung prinsip-prinsip moral dan sistem nilai yang menjadi pedoman dalam bekerja.

Aturan ini dibuat untuk membatasi perilaku individu agar tidak mengganggu individu lain di lingkungan kerja. Etika karyawan atau etika kerja dapat menjadi tanda bagi karyawan untuk berperilaku dan berinteraksi satu sama lain. Hal ini sesuai dengan prinsip pengembangan diri dalam organisasi untuk mencapai tujuan bersama. Pada kesempatan kali ini, Klik Bisnis Digital akan membahas beberapa etika dalam bekerja yang perlu untuk Anda ketahui. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya berikut.

Etika dalam Bekerja yang Wajib Anda Ketahui

Perusahaan bukan hanya tempat untuk mencari uang. Akan tetapi lebih dari itu, di dalamnya ada organisasi atau sekumpulan orang yang juga menjalankan kehidupan sosial. Untuk itu, pahami beberapa etika dalam bekerja berikut ini.

Tidak Membuat Kebisingan

Berbicara dan tertawa terlalu keras dapat mengganggu orang-orang di sekitar Anda. Meskipun tidak ada larangan mengobrol dan tertawa, ada baiknya Anda mengecilkan volume agar tidak mengganggu orang lain. Selain itu, hindari kebiasaan bergosip saat di tempat kerja. Ini adalah salah satu etika di tempat kerja.

Anda juga tidak boleh memutar musik dengan volume tinggi. Hindari membuat kebisingan dengan mengetuk sepatu Anda atau melempar buku ke atas meja dengan keras. Saat Anda marah, Anda mungkin berpikir untuk berteriak atau menggebrak meja. Yang terbaik adalah menahan diri dan tetap tenang saat bekerja.

Menjaga Kebersihan Lingkungan Kerja

Ada tidaknya petugas kebersihan di kantor, setiap pegawai wajib menjaga kebersihan. Ada tumbuh rasa memiliki bahwa Anda dapat mencintai tempat kerja Anda seperti rumah. Jangan mengotori meja kerja dan lantai di dalam ruangan dan lingkungan kantor. Pastikan juga Anda tidak membuang sampah dengan sembarangan.

Para petugas kebersihan memiliki job description masing-masing dengan target yang ingin dicapai. Mereka ditugaskan untuk membersihkan area tertentu secara berurutan dengan waktu dan durasi yang telah ditentukan. Jika Anda menumpahkan minuman di lantai, ada baiknya Anda membersihkannya sendiri. Menjaga kebersihan merupakan salah satu etika dalam bekerja.

Dapat Diandalkan

Harapan mengenai kinerja pekerjaan ditetapkan ketika Anda mendapatkan posisi di sebuah perusahaan. Harapan klasik yang sering dijumpai di setiap perusahaan adalah Anda memiliki kemampuan yang memadai di bidang yang Anda tekuni. Ini termasuk harapan bahwa perusahaan dapat mengandalkan Anda untuk pekerjaan apa pun yang membutuhkan keterampilan dan keahlian Anda.

Tidak Melempar Kesalahan

Jika terjadi kesalahan saat bekerja dengan tim, sebaiknya jangan menyalahkan rekan kerja Anda atas dampaknya terhadap pekerjaan Anda sendiri. Jangan menyalahkan orang lain. Jika perlu, angkat saja masalah yang terjadi tanpa harus menunjukkan kesalahannya secara pribadi.

 

Demikian ulasan tentang etika dalam bekerja yang harus Anda ketahui, semoga bermanfaat dan selamat mempraktekannya di tempat kerja Anda!

Inilah Etika dalam Bekerja yang Wajib Anda Ketahui

Satu tanggapan pada “Inilah Etika dalam Bekerja yang Wajib Anda Ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas